Minggu, 11 Mei 2008

7 LANGKAH MENCAPAI DERAJAT TOBAT "NASHUUHAA"


Oleh :
H.SIRAJUDDIN

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai derajat tobat “nashuuhaa”, yaitu :

1. Terlebih dahulu menyadari bahwa dirinya telah melakukan dosa. Rasulullah menegaskan bahwa manusia adalah pelaku dosa, dan manusia yang terbaik adalah manusia yang senang bertobat.

2. Menyadari bahwa dirinya tidak mampu menghapuskan dosa, kecuali menyerahkan kepada Allah. Di sini makna tobat lalu menjadi paralel dengan arti Islam, yaitu pasrah atau berserah diri.

3. Kapok atau jera, sehingga tidak berani lagi melakukan perbuatan yang sama, karena merasa sangat kecewa oleh perbuatan yang telah dikerjakan. Rasulullah saw, bersabda : Rasulullah saw, bersabda : “Kapok itu adalah tobat”. (HR. Al-Baihaqi : 20559)

4. Memiliki hati yang suci dan bersih __qalbun salim__ yaitu hati yang ikhlas untuk mendapatkan rido Allah. Firman Allah :(lngatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci*. (QS.Ash Shaaffat [37] :84) *Hati yang suci, yaitu mengikhlaskan hati kepada Allah.

5. Memperbanyak istighfar. Rasulullah saw, selalu beristighfar walaupun dirinya ma’shum dan telah dijanjikan surga.
Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah saw, bersabda : Sesungguhnya aku memohon ampunan kepada Allah dan bertobat kepada-Nya dalam satu hari sebanyak 100 kali. (HR. Ibnu Majah : 3815). Dalam riwayat lain Rasulullah saw, bersabda : Sesungguhnya aku memohon ampunan kepada Allah dan bertobat kepada-Nya dalam satu hari sebanyak 70 kali. . (HR. Ibnu Majah : 3816).

6. Berprasangka baik terhadap Allah, bahwa Allah Maha Pengampun yang dapat mengampuni siapa saja yang memohon ampun kepada-Nya. Sabda Nabi : Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah saw, bersabda, Allah berfirman : Aku (Allah) adalah seperti yang diprasangkakan hamba-Ku.” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Himpunan Hadis oleh Husein Bahreisy, hal. 63)

7. Mengganti perbuatan buruk yang pernah dilakukan dengan perbuatan baik. Perhatikan firman Allah : Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. (QS. Huud [11] : 114)

Tidak ada komentar: